Latest Movie :

CAHAYA DAN OPTIK GEOMETRI

Dalam kehidupan sehari-hari, baik siang maupun malam kita dapat melihat benda-benda di sekitar kita. Tahukah kalian, mengapa kita dapat melihat benda-benda? Pada dasarnya, kita dapat melihat karena adanya cahaya. Pada siang hari, cahaya yang membuat kita dapat melihat segala sesuatu adalah cahaya yang berasal dari matahari, sedangkan pada malam hari, biasanya berupa cahaya dari lampu. 


Berdasarkan hal tersebut di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa cahaya merupakan faktor yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan ini. Dengan cahaya kita dapat menyaksikan betapa agung dan kuasanya Tuhan.

Pengertian dan Sifat Cahaya
Cahaya adalah gelombang elektromagnetik yang dipancarkan dalam berbagai panjang gelombang dan frekuensi. Cahaya yang terdiri atas berbagai panjang gelombang dan frekuensi tersebut dinamakan cahaya polikromatik, salah satu contohnya adalah cahaya matahari. Sementara itu, cahaya yang hanya terdiri atas satu panjang gelombang dan frekuensi dinamakan cahaya monokromatik, contoh cahaya monokromatik adalah laser. Cahaya dihasilkan oleh getaran muatan-muatan listrik. Berdasarkan arah getarannya, maka cahaya dikategorikan dalam gelombang transversal.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Buku SMP - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger